Mengikuti Seleksi Bunda Baca Solo 2019

Malam hari disaat saya sudah bisa bersantai, tanpa sengaja saya membaca pesan dari salah satu kawan di grup whatsapp Komunitas Emak Blogger. Sebuah pesan dari Mbak Intan, Manager Siaran Solopos FM,  sebuah radio swasta di Solo. "Pemilihan Duta Baca Solo 2019" itulah judul banner yang diposting pada grup tersebut. Senyap, tidak ada seorangpun menanggapi.



Meski demikian, banner ini berhasil mencuri perhatian saya. Segera saja saya mengabari suami bahwa ada pemilihan Duta Baca Solo 2019, termasuk sebuah kategori yang menurut saya menarik yaitu Bunda Baca Solo sebagai representasi ibu pegiat literasi baca.

Suami saya sudah tahu, bahwa membaca buku adalah hobi saya. Meski harus dengan berbagai pertimbangan dan catatan, akhirnya saya mendapatkan izin untuk mengikuti seleksi ini.

Setelah izin ditangan, saya mencoba mencari ide untuk tulisan. Seleksi tahap pertama adalah mengirimkan artikel dengan tema "Mewujudkan Generasi Cerdas dengan Membaca". Saya tertarik untuk menulis tentang aktivitas membacakan buku untuk anak, salah satu kegiatan yang memang rutin saya lakukan hampir setiap hari.

Sebelum mengeksekusi dalam bentuk tulisan, saya menyempatkan diri untuk menghubungi panitia penyelenggara. Ternyata artikel harus dikirimkan dalam bentuk print out. Padahal saat itu sudah H-1 tuangkan ide di pikiran ke dalam bentuk tulisan. Hanya perlu 3 jam mulai dari riset data, hingga tulisan siap di cetak.

Lagi-lagi saya tidak sempat untuk mengirimkan tulisan ke Kantor Dinar Kearsipan dan Perpustakaan Surakarta karena waktu semakin mepet dengan jadwal kereta keberangkatan saya ke Semarang. Untuk efisien waktu, saya berinisiatif untuk memesan layanan go-send untuk mengirimkan tulisan ke sekretariat seleksi lomba. Alhamdulillah, paket berisi tulisan saya bisa sampai tepat waktu di tanggal 19 November 2019.

Tujuh minggu berselang sejak artikel saya kirimkan, sebuah pesan sampai di whatsapp. Sebuah pengumuman dari panitia seleksi lomba Pemilihan Duta Baca 2019 yang menyatakan saya lolos masuk 10 besar pemilihan Bunda Baca Solo2019. Dan  saya harus bersiap untuk seleksi tahap selanjutnya yakni presentasi dan wawancara ditanggal 25 November 2019.




Custom Post Signature